web analytics

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Tips Merawat Baterai Smarthphone Agar Tetap Awet – Hampir semua orang saat ini telah menggunakan smartphone sebagai gadget pilihannya, dikarenakan kemudahan dan berbagai manfaat lain yang diberikan. Oleh karena itu, kita pasti akan membutuhkannya dalam jangka waktu pemakain yang lama. Sayangnya, kebanyakan baterai smartphone hanya bisa bertahan paling lama 4-5 jam, jika kita mengaktifkan aplikasi sosial media dan beberapa fitur di smarthphone.

Tips Merawat Baterai Smarthphone Agar Awet
Tips Merawat Baterai Smartphone 

Nah, kebanyakan dari kita pasti jarang sekali memperhatikan cara mengisi daya smartphone kita sehingga lama kelamaan baterai yang dulunya masih bisa bertahan selama 5 jam dalam kondisi pemakain yang aktif, sekarang malah hanya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih singkat. Nah, oleh karenanya pada postingan ini saya akan membagikan bagaimana Tips merawat baterai smartphone kita agar tetap awet dalam jangka waktu yang lama.

Tips Merawat Baterai Smarthphone Agar Tetap Awet

  • Jangan menggunakan baterai hingga betul-betul kosong.

Banyak orang yang beranggapan bahwa, agar baterai tetap awet maka harus menggunakannya hingga betul-betul kosong sebelum di charger kembali. Anggapan ini memang betul, namun hanya pada baterai yang berbahan nikel sedangkan kebanyakan smartphone yang ada saat ini telah menggunakan baterai yang terbuat dari Li-On (Litium-Ion). Cara yang benar adalah dengan menjaga kondisi baterai pada keadaan 20% – 50%, sebelum di isi dayanya kembali. Proses pengosongan baterai ini juga memang baik dilakukan dalam rentan waktu satu bulan sekali, untuk meng-kalibrasi baterai.

  • Hindari Mengisi daya berlebihan.

Yang dimaksud dengan mengisi daya berlebihan adalah ketika baterai telah penuh betul namun charger masih tetap terhubung sehingga pengisian daya tetap berjalan, hal ini biasa terjadi ketika kita melakukan charger pada malam hari dan lupa mencabut charger karena tertidur. Usahakan jangan sampai melakukan hal tersebut secara berkali-kali, meskipun kebanyakan charger bisa memutus daya listrik yang mengalir ketika kondisi baterai telah penuh 100%. Hal tersebut harus dihindari karena dapat merusak baterai bahkan bisa menyebabkan baterai meledak.

  • Jauhkan dari tempat yang panas.

Baterai smartphone yang berbahan dasar Li-On (Litium Ion) pada dasarnya hanya bisa mentolerir suhu antara minus 40 hingga 50 derajat celcius, dan idealnya disimpan pada suhu 15 derajat celcius. Panas yang berlebihan bisa menyebabkan baterai rusak.

  • Usahakan mengisi daya dengan kondisi smartphone mati.

Kebiasan mengisi daya sambil menggunakan smartphone juga menjadi penyebab yang paling besar untuk mengurangi umur baterai bahkan merusaknya. Jadi baiknya ketika kondisi baterai telah low maka charger lah smartphone kita dalam kondisi mati, agar baterai tetap awet.

Baca Juga

Cara Instal BBM di PC/Laptop dengan Bluestacks

Cara Instal Aplikasi Bluestacks di PC/Laptop

Cara Paling Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Laptop/PC

Tips Mempercepat Kinerja Google Chrome di Android

Demikianlah beberapa tips dari saya, postingan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri, namun perlu dicatat tips tersebut hanya dapat menjaga agar anda tidak terlalu sering mengganti baterai dan menjaga agar baterai bertahan lebih lama, baterai sendiri lama kelamaan memang akan mengalami penurunan performa. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Silahkan Berikan Komentar dan Saran Anda dibawah :)

Baca Juga  Harga ZTE Blade S7, HP Android dengan Kamera Selfie 13 MP

Baca Juga

Tags:
    cara merawat baterai smartphone baru, 
Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet | Jelajah Info | 4.5
error: Content is protected !!